Jangan Lagi Merebus air yang Sudah Matang, Ini Bahayanya !!!


ResepsehatBunda - Merebus air untuk mensterilkan dari kuman dan bakteri berbahaya adalah hal dianjurkan untuk kesehatan. Akan tetapi, jika Anda punya kebiasaan memanaskan lagi air yang telah matang untuk sekedar menyeduh minuman, ini adalah hal yang tidak dianjurkan karena bisa membahayakan kesehatan.

Memanaskan lagi air yang sebelumnya sudah mencapai titik didih, akan menghasilkan beberapa zat beracun. Dilansir laman Goody Feed, hal ini hanya berlaku jika Anda menggunakan air tanah secara langsung.


Air tanah mengandung mineral, gas alam, serta zat kimia yang akan berubah komposisi dan sifatnya dalam proses perebusan hingga mendidih. Jika direbus kembali, maka akan terjadi lagi perubahan bentuk zat yang disebut beracun.

Berbeda jika Anda merebus lagi air hasil penyulingan atau air dengan proses deionisasi. Air ini lebih aman jika hendak direbus kembali.

Tidak menghasilkan zat beracun, seperti nitrat, arsenin dan fluorida yang dihasilkan oleh air tanah yang direbus berulang kali.

Nitrat yang dipanaskan berkali-kali akan berubah menjadi nitrosamine, serta bersifat karsinogenik atau memicu kanker.

Beberapa penelitian menghubungkan zat nitrosamine dengan kanker darah atau leukimia, juga limfoma dan beberapa jenis kanker lainnya.

Untuk arsenik, sudah diketahui adalah termasuk racun yang dalam jumlah sedikit akan memicu kanker, penyakit jantung, ketidaksuburan dan masalah saraf. Masalah ginjal juga dikhawatirkan akan timbul, ditambah dengan resiko penyakit batu empedu.

Sementara zat fluorida diyakini akan merusak tumbuh kembang susunan saraf serta kognitif. Untuk mencegah berbagai resiko berbahaya tersebut, sebaiknya rebus air hanya sekali saja.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

0 Response to "Jangan Lagi Merebus air yang Sudah Matang, Ini Bahayanya !!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel