Inilah Bahayanya Spa Bayi Yang Wajib Diketahui Para Orang Tua!


ResepsehatBunda - Kalau kita liat di media sosial entah itu instagram atau Facebook maupun path, sering banget kita liat maraknya postingan para ibu yang sedang nganterin baby nya ke spa bayi, udah gitu difotoin pas lagi berenang, dengan memakai ring kecil yang di letak kan pada leher si dedek bayi.

Sebenarnya jujur memang bener sih keliatan lucu menggemaskan dan seru liat si dedek antusias dia mengapung dan menendang nendang air didalam bak, cuman pertanyaanya, apakah itu aman buat si dedek bayi yaa?


Setelah mencari informasi dari berbagai sumber ternyata spa bayi mempunyai resiko terhadap fisik, neurologis, dan psikologis si bayi loh.

Hal ini dilaporkan oleh Birthlight and the Swimming Teachers’ Association (STA) yang isinya ”pemakaian ring cincin pada leher si bayi dapat membahayakan si bayi” dari segi tiga hal di atas.

Kok bisa bahaya? Dilihat dari pertama si dedek bayi datang ke tempat spa bersama ibu nya, lalu si dedek bayi dilepas sendiri dengan menggunakan ring, walaupun didepannya ada ibunya dan orang lain yang memperhatikan, meskipun si dedek bayi terlihat lucu dan mengepak kan kaki mungil nya, akan tetapi si dedek bayi tidak menikmati pengalaman bebas bergerak didalam air.

Selain itu dikatakan pula oleh pendiri Birthlight Francoise Freedman bahwa dengan memakaikan ring pada leher si bayi dan mengapungkannya ke dalam air pada posisi vertikal justru membuat gerak si bayi terbatas, lalu ring busa yang ada pada leher bayi mengakibatkan kompresi vertebra lembut dan halus dalam leher bayi, dan juga terjadi ketegangan di ligamen dan otot bayi, terutama yang berumur dibawah 5 bulan.

Pengembangan hasil gerakan dari kepala ke bawah dan kontrol kepala adalah yang pertama berdampak langsung di bulan-bulan awalnya, diikuti dengan menggulingkan tubuhnya.

Gerakan tubuh utama yang membantu si dedek bayi untuk mencapai tonggak pertama ini dibatasi oleh cincin leher.

Nah ini nih yang penting banget untuk dipahami supaya siapapun orangtua harus mempelajari semua risiko yang berasal dari perangkat flotasi di leher si dedek bayi, dan tidak dianjurkan pula mengikutkan spa bayi terutama yang berumur 5 bulan ke bawah.

Kalau pun ingin tetap mengikutkan si dedek bayinya untuk ikutan spa bayi alangkah baiknya bila berkonsultasi dahulu sama dokter, boleh atau tidak nya, dokter akan memberi saran yang terbaik buat keamanan si dedek bayi. Semoga bermanfaat.

Tolong bagikan info ini ke teman kerabat, dan keluarga Anda.

0 Response to "Inilah Bahayanya Spa Bayi Yang Wajib Diketahui Para Orang Tua!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel