STOP MEMBUNYIKAN TULANG SAAT PEGAL! Sudah ada yang Lumpuh Karena Melakukannya..!!! Ini Penjelasannya..


ResepsehatBunda - Saat merasa lelah dan pegal, tidak sedikit orang yang langsung memutar kepala ke kiri dan ke kanan ataupun tulang belakang dan pinggang hingga menimbulkan bunyi pada leher ataupun tulang belakang.

Awalnya memang rasa pegal akan hilang dan badan seketika merasa lebih segar.

Hati-hati! Nyatanya, kegiatan tersebut sangatlah tidak baik karena bisa berdampak fatal bagi diri Anda sendiri.


Inilah bahaya yang akan menimpa Anda bila membunyikan tulang leher:

Kejang dan Kram

Dampak yang sering terjadi pasca membunyikan tulang adalah kejang dan kram akibat otot dan syaraf kaget dan tegang. Hal tersebut diakibatkan Anda 'mempersingkat' waktu untuk memindahkan kepala Anda ke arah yang berlawanan dan melawan tarikan otot syaraf yang sebenarnya.

Kinerja Syaraf Melemah

Leher adalah bagian yang sangat dekat dengan otak dan tulang belakang yang menyimpan banyak sekali syaraf. Syaraf-syaraf tersebutlah yang dapat menggerakan komando dari otak sebagai pusat komando. Bila Anda sering membunyikan leher Anda, persendian akan menjadi aus dan melemahkan kinerja syaraf. Akibatnya, persendian Anda perlahan akan sulit untuk digerakkan, hingga parahnya adalah tidak dapat menerima komando dari otak lagi.

Peradangan

Persendian yang aus dalam waktu yang panjang dan tidak segera diobati berpotensi menyebabkan peradangan sendi. Peradangan pada sendi atau osteoarthritis bisa melemahkan kekuatan tangan dan kaki sebagai bagian penggerak tubuh. Yang perlu Anda ketahui adalah peradangan tidak hanya akan Anda temukan pada sendi, namun juga pada syaraf tulang belakang dan otot karena pada leher dan tulang belakang terdapat banyak unsur kehidupan manusia yaitu pembuluh darah, syaraf, otot, arteri, ligament, dan sendi.

Patah Tulang

Menurut dr Muki Partono, SpOT, kebiasaan membunyikan tulang leher bisa membuat cidera leher (tidak dapat menoleh) hingga patah tulang karena terlalu sering memaksakan tulang agar berbunyi.

Kelumpuhan

Salah satu dampak besar bila Anda terus melanjutkan kebiasaan membunyikan tulang saat pegal adalah syaraf terjepit. Syaraf yang terjepit, terutama pada bagian leher atau tulang belakang akan sangat membahayakan diri karena dapat membuat Anda mengalami kelumpuhan. Awalnya Anda akan mengalami nyeri yang tak tertahankan pada beberapa bagian tubuh, kekakuan saat bergerak, hingga lumpuh bila tidak segera diatasi.

Hindari kegiatan membunyikan tulang Anda saat Anda merasa lelah dan pegal. Biasakan untuk melakukan pemanasan sederhana sebelum beraktivitas untuk mengurangi kemungkinan Anda untuk melakukan kegiatan tersebut kembali. Hindari daripada mengobati adalah trik yang jauh lebih baik.

Tolong bagikan info ini ke teman, kerabat, dan keluarga Anda.

0 Response to "STOP MEMBUNYIKAN TULANG SAAT PEGAL! Sudah ada yang Lumpuh Karena Melakukannya..!!! Ini Penjelasannya.."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel